Wednesday, March 16, 2011

Bahaya-bahaya Kesehatan Jika Terkena Radiasi Nuklear

Kebocoran reaktor nuklir terburuk dalam sejarah terjadi di Chernobyl, Ukraina pada April 1986. Bencana di Jepang memicu kekhawatiran akan adanya kebocoran reaktor nuklir seperti yang terjadi di Chernobyl tahun 1986. Impak radiasi bermacam-macam, ada yang boleh dirasakan seketika dan ada yang baru muncul dalam jangka panjang. Selain mencetuskan evakuasi (kesan kesihatan) ribuan warga di sekitar lokasi kejadian, impak kesihatan masih dirasakan hingga bertahun-tahun kemudian misalnya kanser, gangguan kardiovaskular dan bahkan kematian.

Secara alami, tubuh manusia memiliki mekanisme untuk melindungi diri dari kerosakan sel akibat radiasi maupun pejanan zat kimia berbahaya lainnya. Namun seperti dikutip dari Foxnews, Minggu (13/3/2011), radiasi pada tingkatan tertentu tidak boleh ditoleransi oleh tubuh dengan mekanisme tersebut.

Editor kesehatan dari Foxnews Health, Dr Manny Alvarez mengatakan ada 2 faktor yang mempengaruhi impak radiasi nuklear. Ketiganya meliputi total radiasi yang berlaku dan jarak dengan sumber radiasi.

Faktor tersebut akan menentukan impak apa yang akan dirasakan mangsa. Radiasi yang tinggi boleh menyebabkan kesannya dirasai terus, sementara radiasi yang tidak disedari boleh menyebabkan kesan jangka panjang yang biasanya lebih berbahaya.
Kesan jangka masa panjang atau jangka pendek akibat radiasi tinggi di sekitar reaktor nuklear antara lain sebagai berikut.
1. Mual muntah
2. Sakit kepala
3. Demam.
Sementara itu, kesan yang baru muncul setelah terpapar radiasi nuklear selama beberapa hari di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pening, mata berpinar-pinar
2. Disorientasi atau bingung menentukan arah
3. Lemah, letih dan tampak lesu
4. Kerosakan rambut dan botak
5. Muntah darah atau berak darah
6. Tekanan darah rendah
7. Luka susah sembuh

Kesan jangka panjang pula adalah seperti berikut :

1. Kanser
2. Gangguan sistem saraf dan reproduksi
3. Mutasi genetik (aku x paham ape die mutasi genetik ni)





Sekadar berkongsi.....
amik dari SINI


memang kita agak jauh dari Jepun yang kena tsunami, gempa bumi...dan sekarang tenaga radioaktif kat sana pulak meletop-letop....angin dari sana tu da tentu sampai ke sini....sama2 la kite jaga kesihatan...



bumi dah tua...... (=_=)

0 budak gojes: